Jangan Sepelekan Sarapan, Ini yang Bisa Terjadi

Home / Berita / Jangan Sepelekan Sarapan, Ini yang Bisa Terjadi
Jangan Sepelekan Sarapan, Ini yang Bisa Terjadi Ilustrasi.

TIMESSRAGEN, JAKARTA – Manusia membutuhkan energi untuk menunjang pertumbuhan dan melakukan aktivitas fisik. Terutama pada pagi hari, tubuh membutuhkan banyak energi sebelum melakukan segala aktivitas. Untuk mendapatkan asupan energi, tubuh memerlukan sarapan agar dapat beraktivitas dengan baik. 

Sebagian orang menyepelekan sarapan karena berbagai alasan. Entah bangun kesiangan, sibuk, malas, tidak terbiasa sarapan dan sebagainya. Namun, para pakar kesehatan mengatakan, ada akibat yang terjadi jika sering melewatkan sarapan. Apa saja dampaknya? 

1. MOOD BURUK
Perut yang kosong saat pagi hari membuat tubuh terasa lemas dan malas untuk beraktivitas. Tidak sarapan juga membuat seseorang lebih mudah tersinggung. Beberapa studi menjelaskan, tidak sarapan mengakibatkan tekanan tubuh meningkat bahkan memengaruhi hormon yang berkaitan dengan stress. 

2. MENURUNNYA KEMAMPUAN KOGNITIF
Otak manusia membutuhkan glukosa dari makanan yang mengandung karbohidrat. Sarapan yang mengandung karbohidrat berfungsi untuk meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi lebih tinggi. Seseorang yang melewatkan sarapan akan berdampak pada kemampuan kognitif dan kesehatan otak.

3. OBESITAS
Sebagian orang tidak melakukan sarapan karena alasan takut gemuk. Padahal, saat tidak sarapan dipagi hari, justru menjadikan tubuh mengalami kegemukan. Karena biasanya orang yang tidak sarapan akan makan siang dengan porsi yang banyak. Dari sinilah berat badan seseorang akan meningkat daripada seseorang yang melakukan sarapan.

4. DIABETES
Saat tidak sarapan pagi, biasanya seseorang akan makan siang dengan porsi lebih banyak. Tubuh akan mengalami resistensi insulin yang mengakibatkan resiko terkena diabetes tipe 2. Dalam beberapa penelitian disebutkan, orang yang melakukan sarapan memiliki resiko diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan orang yang tidak sarapan.

5. GANGGUAN JANTUNG
Meski tidak melakukan sarapan pagi, sistem dalam tubuh tetap bekerja bahkan melampaui kemampuan normal. Hal tersebut dapat mengganggu tekanan darah, metabolisme, insulin hingga akhirnya mengganggu kesehatan jantung.

Ternyata banyak sekali dampak buruk yang terjadi jika tidak sarapan. Mulai sekarang jangan lagi menyepelekan sarapan setiap pagi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com