Langkah Mudah Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Home / Gaya Hidup / Langkah Mudah Perawatan Kulit Wajah Berminyak
Langkah Mudah Perawatan Kulit Wajah Berminyak ILUSTRASI - Perawatan Kulit. (FOTO: shutterstock)

TIMESSRAGEN, JAKARTA – Kulit wajah berminyak bisa membuat seseorang kurang percaya diri. Wajah berminyak rentan memicu jerawat. Untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, jangan sampai salah melakukan perawatan kulit agar tetap bersih dan bebas jerawat. 

Dilansir dari Alo Dokter, berikut tips merawat kulit wajah berminyak yang bisa Anda lakukan.

1. Pilih pembersih wajah yang tepat

Cucilah wajah setidaknya 2 kali sehari. Pilihlah pembersih wajah yang khusus untuk kulit berminyak. Agar bebas dari kotoran dan bakteri penyebab jerawat, Anda bisa memilih pembersih wajah dengan kandungan antibakteri yang lembut dan bebas alkali, seperti montaline C40.

Selain itu, pembersih wajah dengan kandungan panthenol atau vitamin B5 juga bisa menjadi pilihan karena dapat mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga membantu mengatasi masalah kulit berjerawat.

2. Rutin menggunakan scrub

Pemilik kulit berminyak disarankan untuk rutin membersihkan wajah menggunakan scrub setidaknya 2 kali dalam seminggu. Scrub bisa membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori, sekaligus mengangkat sel kulit mati pada wajah. Namun, hindari menggosok terlalu keras, karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Gunakan krim wajah

Setelah dibersihkan, gunakanlah krim wajah khusus untuk kulit berminyak. Untuk menjaga kelembapan kulit tanpa menambah produksi minyak, pilih krim wajah yang bersifat mattifying. Akan lebih baik lagi jika menggunakan krim wajah mattifying yang mengandung vitamin, aloe vera, dan asam hialuronat (hyaluronic acid). Sehingga meski produksi minyak berkurang, kandungan tersebut tetap dapat memberi nutrisi dan menjaga kelembapan kulit wajah.

Selain perawatan kulit tersebut, jangan lupa pula untuk menggunakan tabir surya minimal dengan SPF 30, terutama saat berada di luar ruangan. Tujuannya adalah agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com