Cara Mudah Membuat Minuman Viral Dalgona Coffee

Home / Gaya Hidup / Cara Mudah Membuat Minuman Viral Dalgona Coffee
Cara Mudah Membuat Minuman Viral Dalgona Coffee Dalgona coffee (FOTO: vmcdn.ca)

TIMESSRAGEN, JAKARTADalgona coffee saat ini sedang menjadi trend di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Dalgona coffee merupakan minuman asal India, Pakistan, dan Makau. Asalnya minuman ini disebut dengan whipped coffee atau beaten coffee. Minuman ini menjadi viral di media sosial karena banyak selebriti yang memamerkan minuman hits ini.

Awalnya, minuman ini menjadi viral setelah seorang aktor asal Korea Selatan, Jung Il-Woo, mengunjungi Makau dan mencoba minuman ini. Ia kemudian memberikan julukan dalgona pada minuman tersebut karena mirip dengan permen spons khas Korea yang memiliki nama sama.

Minuman yang memiliki tampilan menarik ini pada dasarnya mudah untuk dibuat dan hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana seperti kopi, gula, dan susu. Hal ini lah yang membuat banyak orang tertarik untuk membuatnya.

Berikut adalah resep dalgona coffee praktis yang bisa Anda coba di rumah, seperti dilansir dari Dokter Sehat.

Bahan:

2 sdm bubuk kopi

2 sdm gula

2 sdm air panas

400 ml susu cair

Cara Membuat:

Tambahkan kopi instan, gula, dan air panas ke dalam sebuah mangkuk pengaduk.

Gunakan mixer genggam untuk mengaduk campuran tersebut hingga berubah warna menjadi cokelat muda dengan tekstur yang creamy. Jika tidak ada mixer, dapat menggunakan alat pengocok telur, sendok, atau saringan teh.

Siapkan susu dalam gelas, kemudian tambahkan campuran krim kopi di atasnya.

Dalgona coffee dapat disajikan hangat maupun dingin. Jika ingin menyajikannya hangat, Anda dapat memanaskan susunya terlebih dahulu. Apabila ingin menyajikannya dingin, sajikan susu dengan menggunakan es batu sebelum menambahkan krim kopi pada bagian atasnya.

Jika tidak terlalu menyukai rasa manis, Anda dapat memilih gula aren dibandingkan dengan gula pasir. Jenis susu yang digunakan juga dapat disesuaikan dengan selera Anda. Bagi yang menghindari konsumsi lemak berlebih, Anda bisa memilih jenis susu rendah lemak.

Nah, minuman hits Dalgona coffee yang Anda buat sudah bisa dinikmati. Minuman viral ini bisa menemani Anda saat #dirumahaja. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com