Pesan Moral di Tiga Film Legendaris Jackie Chan

Home / Gaya Hidup / Pesan Moral di Tiga Film Legendaris Jackie Chan
Pesan Moral di Tiga Film Legendaris Jackie Chan Aktor senior, Jackie Chan. (Foto: tribunnews)

TIMESSRAGEN, JAKARTAJackie Chan dikenal selalu total dalam setiap perannya. Orang mengingat Jackie Chan dari aksi laga di banyak filmnya, tidak hanya itu aksi konyolnya juga mengundang banyak perhatian. Tapi jangan lupa, selalu ada pesan moral yang tersembunyi dibalik film-film yang dibintangi oleh Jackie Chan.

Mari petik pelajaran berharga di tiga film terbaik  Jackie Chan ini. Ada pesan moral yang bisa jadi akan bermanfaat untuk kehidupan.

The Karate Kid

Diantara banyaknya film-film yang dibintangi oleh Jackie Chan, bisa jadi The Karate Kid adalah film yang paling familiar. Film ini pertama kali tayang di bioskop tanah air pada Juni 2010 lalu. Sebagai film yang tergolong laris, film ini sudah sering tayang di stasiun televisi nasional.

Jackie-Chan.jpg

The Karate Kid memulai kisah saat Dre Parker dan ibunya pindah ke Beijing dari Detroit setelah mendapatkan transfer pekerjaan di pabrik mobil. Suatu hari Dre pergi ke taman dan melihat seorang anak perempuan bermain biola. Dre menyukai anak perempuan itu sejak pertemuan pertama. 

Sayang, Cheng ahli khungfu yang dekat dengan keluarga sang perempuan tidak menyukai Dre. Cheng mencari cara untuk memisahkan Dre dari perempuan itu.  Semakin sebal dengan Dre, Cheng akhirnya menghajarnya sampai babak belur. Han, seorang master kungfu membantu Dre menyembuhkan lukanya. 

Dre meminta bantuan Han yang diperankan oleh Jackie Chan untuk belajar kungfu untuk memenangkan turnamen. Dre dan Han menjalani latian tanpa mengenal lelah. Kadang, Dre merasa frustasi dengan latihannya karena merasa tidak merasakan kemajuan.  Saat tanggal pertandingan tiba, Dre berhadapan dengan Chen di ajang turnamen kungfu tersebut. 

Dre meminta bantuan Han untuk belajar kungfu untuk memenangkan turnamen. Dre dan Han menjalani latian tanpa mengenal lelah. Kadang, Dre merasa frustasi dengan latihannya karena merasa tidak merasakan kemajuan.  Saat tanggal pertandingan tiba, Dre berhadapan dengan Chen di ajang turnamen kungfu tersebut. 

Dalam setiap film yang dibintangi oleh Jackie Chan selalu ada pesan moral yang tersembunyi. Di The Karate Kid ini, pesan moralnya adalah kemampuan lahir tidak hanya berasal dari bakat tetapi dari kerja keras yang terus menerus dilatih.

Film ini dibintangi oleh Jaden Smith, Jackie Chan, Wenwen Han, Zhenwei Wang, dan Taraji P Henson. 

Drunken Master

Nama Jackie Chan melambung saat membintangi film Drunken Master. Film ini dirilis pada tauhn 1978. Memerankan sosok dengan nama Wong Fei Hung, Jackie Chan lebih banyak menyuguhkan aksi bela diri yang memukau.

Jackie-Chan-bb.jpg

Dikisahkan dalam film tersebut, Fei Hung selalu dikelilingi oleh masalah yang berujung pada perkelahian. Hingga akhirnya sang ayah mengirimkannya ke perguruan beladiri. Fei Hung dikirim untuk belajar bela diri kepada seorang ahli kung fu bernama Beggar So, atau disebut juga So Hua Chi. Dia memiliki reputasi sebagai seorang guru bela diri yang tegas dan selau memberi latihan berat kepada muridnya.

Ternyata Fei Hung tidak memiliki kecocokan dengan yang diajarkan oleh Hua Chi, Fei Hung akhirnya kabur. Saat kabur, Fei Hung kembali membuat masalah dan terlibat pertengkaran. Saat dia terkena masalah, ada seorang pemabuk yang membantunya dan pemabuk tersebut ternyata adalah Hua Chi.
 
Fei Hung kembali berlatih dengan Hua Chi. Namun, dia berusaha kabur kembali, dan bertemu dengan Yim Tit Sam yang terkenal dengan tendangan yang sulit untuk ditaklukkan.
 
Setelah bertarung dengan Tit Sam, Fei Hung memantapkan diri untuk berlatih bela diri di bawah bimbingan Hua Chi.Fei Hung belajar teknik bela diri Hua Chi yang terkenal dengan gaya Dewa Mabuk. 
Selain Jackie Chan sebagai Wong Fei Hung, Drunken Master juga dibintangi Yuen Siu Tien sebagai Beggar So, dan Hwang Jang Lee sebagai Yim Tit Sam.
 
Film Drunken Master sangat sarat pesan moral, terutama ketika Hua Chi menolong Fei Hung yang hampir kalah dalam perkelahian. Hua Chi berusaha menolong dengan ikhlas kendati Fei diantara keduanya sempat terlibat ketidakcocokan.

Police Story

Dalam film Police Story, Jackie Chan memerankan tokoh seorang polisi yang bernama Kevin Chan. Dia dikenal sebagai polisi yang jujur dan berani dalam menjalankan tugas. Tapi di sisi lain, Chan adalah seorang yang egois. Police Story pertama kali dikenalkan pada 1985, mengisahkan seorang polisi Hongkong yang punya reputasi besar karena  mampu menangkap bandar narkoba besar.

Jackie-Chan-cc.jpg

Namun Kevin harus menerima balasannya, yakni dijebak dengan kasus pembunuhan rekannya. Kevin harus membersihkan namanya sekaligus menyelamatkan dirinya dari pembunuhan atau penangkapan.

Setelah sukses pada Police Story yang tayang pada tahun 1985, film ini akhirnya memiliki kisah lanjutan hingga dengan judul Police Story 2 (1998), Police Story 3 (1992), Police Story 4 (1996), New Police Story (2004) dan Police Story 2013 (2013).

Police Story yang dibintangi Jackie Chan ini memiliki pesan moral bahwa reputasi dalam pekerjaan adalah hal yang penting. Pekerjaan harus dilakukan tanggung jawab dan sungguh-sungguh.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com