Peran Influencer, Jadi Strategi Promosi Wisata di Bondowoso

Home / Wisata / Peran Influencer, Jadi Strategi Promosi Wisata di Bondowoso
Peran Influencer, Jadi Strategi Promosi Wisata di Bondowoso Pengunjung sedang menikmati menikmati salah satu destinasi wisata di Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESSRAGEN, MALANG – Demi meningkatkan promosi wisata, Pemkab Bondowoso melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mulai mengoptimalkan peran influencer, sebagai strategi promosi destinasi Wisata di Bumi Ki Ronggo.

Kepala Dispora, Harry Patriantono mengatakan, pihaknya terus membina influencer dan memfasilitasi mereka. Kemudian nanti mereka membantu mempromosikan wisata Bondowoso melalui media sosial. “Sekarang tentang pengenalan potensi lebih kepada media sosial,” paparnya.

Wisata-Bondowoso-2.jpg

Menurutnya, influencer adalah orang yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan kegiatan travel, yang merupakan bagian dari industri pariwisata.

Umumnya kata dia, media sosial yang digunakan didominasi oleh Instagram dan YouTube. Pelakunya pun bisa datang dari latar belakang apa pun, khususnya anak muda. "Jadi memang mobilitas media sosial kita tingkatkan untuk anak muda," jelasnya.

Influencer sendiri, lanjut dia, menyuguhkan konten berupa foto-foto maupun video saat liburan untuk menarik perhatian viewer mereka. Semakin banyak jumlah pengikutnya, semakin tinggi pula eksposur (ketertarikan konsumen) mereka.

Sebagai wujud pembinaan serius, deretan influencer Bondowoso bakal dijadwalkan untuk melakukan pengenalan wisata, pembuatan video dan promosi pariwisata Bondowoso. Upaya itu dilakukan untuk memperkuat branding Bondowoso The High Land Paradise.

"Influencer sudah kita libatkan dalam kegiatan-kegiatan. Nanti kita ajak fam trip untuk membuat video promosi pariwisata Bondowoso," paparnya.

Setidaknya sudah ada beberapa influencer yang telah digaet Disparpora, diantaranya pesona.bondowoso, mytripmyadventurebondowoso, bondowoso_explore dan bondowosomelesat. Dengan rata-rata pengikut Instagram mulai dari 201 pengikut hingga 20,2 ribu followers.

Bahkan, beberapa deretan nama influencer Bondowoso telah diakui oleh Kominfo Jawa Timur. Mereka bakal memenuhi permintaan Gubernur Jatim untuk turut melakukan promosi wisata potensi di Jawa Timur. "Ada beberapa influencer yang diakui oleh Kominfo Jatim. November ini mereka diundang untuk mengenalkan Jatim," ucapnya.

Pewarta: Moh Bahri

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com